Saturday, December 3, 2011

Alasan Mengapa Orang Jepang Tidak Cepat tua dan Tidak Gemuk

Perempuan Jepang ini berumur 30 tahun namun nampak seperti perempuan berumur 15 tahun. Apa rahasianya ya?
Ternyata salah satu faktornya adalah makanan yang dikonsumsi tiap hari. check this out!


1. Hidangan jepang bervariasi
Dalam setiap hidangan setidaknya terdapat ikan, sayur laut, sayur darat, olahan kedelai, nasi, buah dan teh hijau.
2. Orang Jepang suka mebuat hidangan sendiri
Orang Jepang lebih senang memasak sendiri daripada mengkonsumsi makanan yang sudah jadi, apalagi junk food. Hidangan ikan selalu ada dalam menu mereka. Jepang menghabiskan 10% dari stock ikan dunia, padahal jepang hanya menyumbangkan 2% dari populasi penduduk dunia. Konsumsi harian terhadap omega 3 dari ikan berkhasiat menjaga kesehatan tubuh sehingga usia orang Jepang lebih lama. Berdasarkan konsumsi terhadap sayur brokoli, kubis, kangkung, bayam 5X lebih banyak dari konsumsi orang Amerika.

3. Selalu menggunakan bahan makanan Segar bahkan disertai jam kadaluarsa
Mereka selalu menggunakan bahan-bahan segar. Untuk sushi biasanya mereka membeli ikan yang masih hidup u/ diolah. Di supermarket bahkan pelabelan menggunakan jam kadaluarsa untuk bahan makanan segar.

4. Orang Jepang Terbiasa memakan porsi kecil namun bervariasi
Lihatlah poin 1, di Jepang setiap hidangan minimal terdapat ikan, berbagai jenis sayur, olahan kacang-kedelai, buah, nasi, dan teh hijau. Mereka tidak terbiasa memakan terlalu kenyang.

5. Makanan Jepang Cenderung ringan dan dimasak dengan cara terbaik
Makanan Jepang dimasak dengan cara terbaik sehingga tidak merusak kandungan nutrisi dari bahan makanan. Makanan Jepang cukup simpel dan dibuat menarik sehingga meningkatkan selera makan.

6. Memilih Nasi daripada Roti di setiap Hidangan
Berdasarkan penelitian, olahan tepung gandum ternyata menjadi penyebab dari obesitas masyarakat Amerika. Setengah porsi nasi putih/coklat lebih baik daripada roti dan sepotong daging.

7. Di Jepang, sarapan merupakan makan paling penting dan wah
Sarapan merupakan makan paling wah. Bisa didapati berbagai sayuran seperti rumput laut dan sayur darat, nasi, olahan kedelai baik tofu maupun soya sauce, ikan, telur, buah, dan green tea.
So do i, sarapan memang waktu makan paling menyenangkan.

8. Mereka jarang memakan Dessert manis
Mereka tidak pernah membiarkan perut mereka terlalu kenyang sehingga dessert manis jarang dikonsumsi.

9. Cara pandang yang berbeda mengenai hidangan
Jika orang-orang Barat terlalu concern dengan diet mereka sehingga membatasi porsi dan jenis makanan, orang Jepang tidak. Mereka senang untuk menyantap berbagai varian makanan dalam setiap hidangan. Dengan menghormati makanan, maka kami-sama akan melimpahkan banyak keberuntungan. hanya saja mereka tidak terbiasa untuk terlalu kenyang. thats it!

10. Latihan/olahraga merupakan ritual harian
Mereka konsisten dalam olahraga harian seperti berjalan santai, bersepeda, atau pada akhir minggu melakukan hiking, climbing, dan olahraga lainnya.

Set hidangan Jepang yang beraneka ragam





Tipe makanan Jepang tidak terlalu berat namun sehat



bahkan dalam set bekal, tetap beraneka ragam ^^




No comments: