Saturday, November 19, 2011

Resensi Buku: 7 Wasiat Nabi Muhammad SAW kepada Abu Dzar Al-Ghifari

Ini Buku yang baru aku beli tadi pagi. Satu menit setelah melihat judulnya, aku putuskan untuk membeli. Tujuh wasiat Rasulullah untuk Abu Dzar, begitu kira-kira judulnya. Saya penasaran apakah yang dipesankan baginda Rasulullah kepada Abu Dzar. Mungkinkah pesan itu ditujukan kepada kita juga selaku umatnya? Apakah Abu Dzar mengamalkan wasiat Rasulullah tersebut? Apa sajakah wasiat Rasulullah untuk Abu Dzar? mari kita tinjau bersama.

Judul Buku : 7 Wasiat Nabi Kepada Abu Dzar AL GHIFARI
Penulis : Aa Gym & Tim SMS Tauhiid
Penerbit : MQS Publishing
Alamat penerbit :Jalan Geger Kalong Girang Baru no. 11 Bandung, telp. 022-2003235
Cetakan : cetakan ke-1, November 2011
Layouter : Diki Pribadi
Jumlah halaman :56 halaman (11,5x 17,5 cm)
Harga : Rp 10.000,00

Abu Dzar, penegak yang haq dari suku Ghifar adalah salah seorang sahabat yang disayangi Rasulullah Saw. Sifat pemberaninya amat dipuji Rasulullah dan sifat itulah yang membuatnya tetap teguh dalam menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.
Sifat pemberani dan merdeka itu muncul karena ketauhidan yang sempurna telah tertanam dalam hatinya. karena itulah Allah berwasiat 7 hal kepada Abu Dzar.

Dari Abu Dzar ra., ia berkata:" Kekasihku(Rasulullah SAW ) berwasiat kepadaku dengan 7 hal
, (1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku, (3) beliau memerintahkan aku agar menyambung tali silaturahimku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku, (4) aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan laa haulaa walaa quwwata illaa billaah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah), (5) aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit, (6) beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah, dan (7) beliau melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia"
(Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam At-Thabrani, Imam Ibnu Hibban, Imam Abu Nu'aim dan Imam Al-Baihaqi)

Penjelasan yang indah dan mudah dimengerti, serta didampingi oleh hadits hadits pendukung bisa Anda dapatkan ketika membaca buku ini. Pesan ke-7 dijelaskan dengan dikaitkan dengan perlunya kita menghindari kebiasaan berhutang budi terhadap para penguasa karena dapat mengungkung langkah kitra dalam menyuarakan yang haq. Insyaallah banyak hikmah yang dapat dipetik dengan membaca dan memiliki buku ini. wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,
semoga bermanfaat ^^

No comments: