Sunday, December 18, 2011

The benefits of Yoghurt :)



My senior from biology told me that when she was doing her experiment about the kinetic of saliva enzyme, she found out that she have slower, then her lecture said that it might the reason why she still looks skinny even she always eat in a big large.
When the optimum absorption of nutritions not conducted by your intestines, it may cause you eat large but gain little nutrition. it's unfortunate!
Nah bagaimana cara meningkatkan absorpsi nutrisi dalam tubuh?
check this out, sis! :)


The benefits of Yoghurt:
- Yoghurt menguatkan dan menstabilkan sistem Imun

"Yoghurt has strong medicinal properties, including the ability to stimulate the immune system and kill bad "bugs" or bacteria in the human gut. ...research at the University of California at Davis showed that eating live-culture yoghurt was associated with higher-than-average levels of gamma interferon, a key component of the body's immune system."(1)

Jenis bakteri yang terkandung dalam Yoghurt diantaranya Lactobacillus acidophilus, L. bulgaricus, S. thermophilus, and bifidobacteria.

Bakteri yang ada dalam yoghurt dapat mengubah lactosa menjadi asam laktat yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Mengkonsumsi Yoghurt berarti mengkonsumsi bakteri hidup yang berguna untuk mengoptimalkan kerja usus kita.

Asam Laktat membantu pencernaan laktosa dalam susu, hal ini berarti yoghurt menyediakan enzim yang dapat membantu pencernaan susu. Kalsium yang banyak ditemui dalam produk makanan harus berada dalam matriks asam agar dapat diserap oleh tubuh, jika tidak maka tidak akan diserap. Oleh karena itu keberadaan asam laktat sangat diperlukan.

Delapan ons Yoghurt setara dengan 400 mg kalsium, 25% lebih banyak daripada kalsium yang di dapat dalam segelas susu.


Ketika produksi HCl dalam usus kita menurun, maka makanan yang masuk berjalan dengan cepat sehingga banyak nutrisi yang tidak terserap dengan optimal, sebagai hasilnya kita bermasalah dengan tidur dan lemas. Yoghurt membantu mengoptimalkan kerja lambung dalam memproduksi asam lambung (HCl) sehingga absorpsi mineral dapat berjalan dengan optimal dan kesehatan dapat terjaga.

- Mengurangi resiko infeksi vagina pada perempuan

Banyak perempuan yang mengalami masalah nyeri pada daerah sensitivnya, jenis jamur pun dapat tumbuh. Mengonsumsi antibiotik atau antifungal agaknya cukup riskan untuk kesehatan, dengan mengkonsumsi yoghurt, kita dapat terhindar dari gangguan-gangguan tersebut, mana lagi obat yang rasanya seenak ini?


Sebuah studi Long Island Medical Center showed that "women prone to vaginal yeast infections experienced a threefold decrease in infections when they ate a cup of Lactobacillus acidophilus yoghurt daily for six months."(2) The women were so pleased with the improvement that they did not want to stop eating the yoghurt when the study wanted them to stop!

:)
Yoghurt terbaik adalah plain Yoghurt yang berwujud cair, karena dalam plain yoghurt, zat tambah makanan seperti pewarna, pemanis dan perasa hampir tidak ditemui. Dalam Yoghurt berwujud cair kandungan bakterinya lebih beragam dan lebih banyak. Plain yoghurt sangat cocok untuk mengontrol diet lemak.

Plain Yoghurt

Adapun yoghurt yang berasa manis dan biasanya disajikan dalam keadaan beku disebut frozen yoghurt. Frozen yoghurt mengandung sedikit bakteri dibanding yoghurt cair. Namun karena rasanya yang sangat enak, frozen yoghurt sangat populer.

Frozen Yoghurt


Frozen Yoghurt yang ditambah dengan buah


Dan yang satu ini adalah salah satu yoghurt yang sering saya konsumsi. Soalnya paling banyak ditemui di warung zekitar zaya (sekitar saya red).



pustaka
(1) Bell, Brenda, "The hidden world of yoghurt," View Magazine, May/June 1994, pg. 16 - 19.

Gambar:
ancasyah.deviantart.com

No comments: