Thursday, May 12, 2011

Coriandrum sativum


Coriandrum sativum

Coriandrum sativum merupakan nama latin dari ketumbar, rempah yang sering ada di masakan Indonesia. Dari bentuk biji, mirip dengan Merica, atau Piper nigrum.

Piper Nigrum

Manfaat ketumbar seperti dilansir oleh Times of India adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi nyeri saat PMS bagi wanita. Rebus 6 gram biji ketumbar dalam 2,5 gelas air, tambahkan gula dan minum hangat.

2. Meredakan radang sendi karena memiliki efek antiinflamasi, rebus bijinya dan diminum air hasil rebusannya.

3. Untuk kulit, ketumbar juga tidak kalah dalam hal membersihkan jerawat. Aduk bubuk ketumbar dengan bubuk kunyit yang diberi air secukupnya lalu oleskan pada jerawat dan komedo.

4. Menurunkan gula darah dan merangsang sekresi insulin sehingga bersifat anti-diabetes.

5. Mengurangi kolesterol jahat.

Sedangkan menurut Sara Snow™ , rempah ini berfungsi sebagai diuretik alami. Selain itu, herbal satu ini juga membantu mengatasi masalah pencernaan dan mencegah mual.
Dikutip dari situs health.com, bahwa minyak esensial ketumbar bisa membunuh salmonella dan E coli.

Nah, bila otot-otot Anda terasa nyeri, Maoshing Ni, PhD, praktisi pengobatan tradisional China sekaligus penulis Secrets of Self-Healing, menganjurkan Anda untuk mengoleskan bahan gosok yang terbuat dari ketumbar. Caranya, Potong halus dua sendok ketumbar segar dan padukan dengan satu per empat cangkir gel lidah buaya, kemudian oleskan ke area yang lembut dan terasa nyeri.

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ketumbar diantaranya: asabinene, myrcene, a terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p- simena, kamfena, dan felandren.
thanks to :
http://www.mediaindonesia.com
http://www.obatherbalalami.com

No comments: