Friday, June 17, 2011

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei darussalam

Jarang bukan, mendengar kabar mengenai Brunei Darussalam. Negara tetangga kita yang adem ayem aja. Meski kita jarang mendengar hiruk pikuk tentang Brunei, Brunei merupakan negara yang makmur. Salah satunya dapat kita lihat dari bangunan masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang diresmikan pada tahun 1958 silam di kota Bandar Sri Begawan. Arsitektur masjid ini bergaya Mughal, dirancang oleh arsitek Italia bernama Cavaliere Rudolfo Nolli yang telah lama tinggal di Siam.



Masjid ini di bangun di tengah kolam buatan, jembatan yang indah membentang di kolam hingga ke depan masjid. Jembatan lain yang terbuat dari marmer menuju kereta air yang merupakan replika dari perahu mahligai kerajaan Bolkiah yang memerintah pada abad ke-16.

Kubah dari masjid ini dilapisi emas, dengan tinggi bangunan sekitar 52 meter. Masjid dilengkapi taman yang indah mempesona, cerminan taman firdaus di Syurga.


Masjid ini juga sangat canggih karena dilengkapi sistem komputer berisi software untuk mempermudah belajar agama Islam. :D

No comments: